kampoeng kita

kampoeng kita
Jamur tiram yg telah tumbuh

Minggu, 15 Mei 2011

Budidaya Jamur Tiram

AGRO BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH
UD.KAMPOENG KITA ISTANA JAM
Ds.Poncogati Rt.02/01 Kec.Curahdami Kab.bondowoso
SIUP NOMOR : 510 / 113 / 430.87 / 2010


Jamur tiram putih adalah jenis jamur yang bias di konsumsi oleh manusia, sebagai mana kita ketahui jamur mengegandung gisi yang baik, yang di dalamnya terkandung 9 asam amino essensial dengan kadar protein 19-35% ( hamper setara dengan kedelai dan sagu ), karma gizi yang baik jamur tiram biasa dijadikan sumber protein nabati selain kacang-kacangan, jenis vitamin di dalam jamur adalah Vitamin B1,B2,Niasin,biotin dan Vitamin C dan juga terdapat mineral K,P,Ca,Na,Mg, dan Cu.
Analisa Medikal Uth jamur tiram berfungsi menekan kolesterol jahat di dalam darah, Menyerap kelebihan kadar gula dan Menyeimbangkan metabolisme tubuh karena mengandung essensial yang termasuk di produksi tubuh.

II. Media Tanam Baglog
Media tanam pada teknologi di jepang, budidaya jamur tiram masih menggunakan Balok kayu kering, Tetapi media tanam secara modern biasanya di buat dari limbah organic kering seperti :
serbuk kayu
jerami

Pengen tau cara membuatnya....??? Ikutin terus...yooooo ..

Adapun komposisi campuran untuk media tanam ( Baglog ) antara lain :
Serbuk Kayu
Katul Padi dan jagung
Biji Milet
Kapur
Air
Sedangkan peralatan yang di butuhkan dan pembuatan baglog antara lain :
Plastik kantong
Lampu sepirtus
Pegungkit
Pinset
dan be2rapa peralatan laboraturium
Analisa Usaha

UD.Kampoeng kita selain budidaya jamur juga menyediakan dan menjual bibit ( baglog) jamur tiram. Penyediaan bibit semai / baglog sangat dibutuhkan kesinambungan sebuah budidaya jamur tiram.
Pembuatan media semai / baglog jamur tiram meliputi :

Analisa Jamur 
Jamur tiram putih

Usaha budidaya jaur tiram adalah usaha yang bisa di katakan menjajikan bagi para petani, pembudidayaan jamur tiram ini tidaklah sulit dalam melakukan perawatan, saat ini di Indonesia kebutuhan jamur tiram sanggat besar. Jamur tiram adalah jenis tanaman yang bisa di panen tiap hari dan tidak kenal musim, berikut analisa budidaya jamur tiram :

Contoh sekala kecil ( Standart )
Dalam 1000 Baglog bibit semai setiap hari biasa di panen minimal 5-10 kg/hari, dengan masa tanam minimal 4 bulan dan maksimal 6 bulan. Sedangkan harga jamur segar
( jamur tiram ) Rp 10.000 / 1 kg. maka tiap hari kita dapat menghasilkan Rp 50.000-100.000/hari. Sedangkan harga bibit semai ( baglog ) Rp 3000/1baglog.

kalau anda berminat dan ingin menjadi pengusaha Jamur Tiram Putih
bisa mengghubungi saya di no Hp> 087757775975-082336115131

1 komentar:

  1. wah jadi pengusaha profesioanal nih ya... jadi pingin juga gabungan tuh.

    BalasHapus